1. Pengertian kebudayaan
Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan,
kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan lain serta
kebiasaan-kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
Dengan perkataan lain kebudayaan mencakup kesemuannya yang didapatkan atau dipelajari
oleh manusiaanggota masyarakat.
Secara praktis bahwa kebudayaan merupakan sistem nilai dan
gagasan utama itu dihayati benar-benar oleh para pendukung kebudayaan yang
bersangkuutan dalam kurun waktu tertentu.
2. seseorang menemukan nilai-nilai
yang dianutnya
Nilai-nilai tersebut diambil dengan berbagai cara,
diantaranya yaitu :
a. Model atau contoh, ialah dimana
individu belajar tentang nilai-nilai yang baik atau buruk melalui observasi
perilaku keluarga, sahabat, teman sejawat dan masyarakat lingkungannya dimana
dia bergaul.
b. Moralitas, diperoleh dari
keluarga, ajaran agama, sekolah, dan institusi tempatnya bekerja dan memberikan
ruang dan waktu atau kesempatan kepada individu untuk mempertimbangkan
nilai-nilai yang berbeda
c. Sesuka hati, adalah proses dimana
adaptasi nilai-nilai ini kurang terarah dan sangat tergantung kepada nilai-nilai
yang ada di dalam diri seseorang dan memilih serta mengembangkan sistem
nilai-nilai tersebut menurut kemauan mereka sendiri. Hal ini lebih sering
disebabkan karena kurangnya pendekatan, atau tidak adanya bimbingan atau
pembinaan sehingga dapat menimbulkan kebingungan, dan konflik internal bagi
individu tersebut.
d. Penghargaan dan Sanksi, ialah
perlakuan yang biasa diterima seperti mendapatkan penghargaan bila menunjukan
perilaku yang baik, dan sebaliknya akan mendapat sanksi atau hukuman bila menunjukan
perilaku yang tak baik.
e. Tanggung jawab untuk memilih,
ialah adanya dorongan internal untuk menggali
nilai- nilai tertentu dan mempertimbangkan
konsekuensinya untuk diadaptasi. Disamping itu adanya dukungan dan bimbingan
dari seseorang yang akan menyempurnakan perkembangan sistem nilai dirinya
sendiri.
3. Pengaruh keudayaan terhadap
perilaku konsumen
Faktor budaya merupakan suatu yang paling memiliki pengaruh
paling luas pada perilaku konsumen. Pengiklan harus mengetahui peranan yang
dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas sosial pembeli. Budaya adalah
penyebab paling mendasar dari keinginan dan perilaku seseorang. Kebudayaan
adalah faktor penentu keinginan dan perilaku seseorang, terutama dalam perilaku
pengambilan keputusan dan perilaku pembelian.
4. Struktur konsumesi
Budaya dapat mempengaruhi struktur konsumsi, karena adanya
larangan, hukuman, tekanan, ataupun paksaan dari budaya tersebut untuk
mempengaruhi pola dan bentuk yang terorganisir dari individu dan masyarakat dalam
berbagai cara dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya. Komponen budaya sendiri dapat
berupa agama dan kepercayaan, sistem hukum, dan adat istiadat.
5. Dampak nilai-nilai inti terhadap
pemasar
a. Kebutuhan
Konsep dasar yang melandasi pemasaran adalah kebutuhan manusia.
Konsep dasar yang melandasi pemasaran adalah kebutuhan manusia.
b. Keinginan
Bentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaza dan kepribadian
Bentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaza dan kepribadian
individual dinamakan keinginan
c. Permintaan
Dengan keinginan dan kebutuhan serta keterbatasan sumber daya tersebut, akhirnya manusia menciptakan permintaan akan produk atau jasa dengan manfaat yang paling memuaskan
Dengan keinginan dan kebutuhan serta keterbatasan sumber daya tersebut, akhirnya manusia menciptakan permintaan akan produk atau jasa dengan manfaat yang paling memuaskan
6. Prubahan nilai
Ada beberapa aspek dari perlunya perluasan perubahan budaya
yaitu :
a. Budaya merupakan konsep yang meliputi banyak hal atau luas.
a. Budaya merupakan konsep yang meliputi banyak hal atau luas.
b. Budaya adalah hal yang diperoleh. Namun tidak memaksudkan
mewarisi respon dan kecenderungan
c. Kerumitan dari masyarakat modern yang merupakan kebenaran
budaya yang jarang memberikan ketentuan yang terperinci atas perilaku yang tepat.
7. Perubahan institusi
Variasi nilai perubahan dalam nilai budaya terhadap
pembelian dan konsumsi
Nilai budaya memberikan dampak yang lebih pada perilaku konsumen dimana dalam hal ini dimasukkan kedalam kategori-kategori umum yaitu berupa orientasi nilai-nilai lainnya
Nilai budaya memberikan dampak yang lebih pada perilaku konsumen dimana dalam hal ini dimasukkan kedalam kategori-kategori umum yaitu berupa orientasi nilai-nilai lainnya
nice share
BalasHapusBerita Liga Inggris
infonya bagus
BalasHapusHotel Murah